Minggu, 11 November 2012

MAKALAH Fungsi-fungsi Dasar Manajemen



MAKALAH

“Fungsi-fungsi Dasar Manajemen”





Dosen Pembimbing:
Umu Aliyah, M. Si.

Disusun Oleh:
Muhammad Miftakhur Rozak


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNIK QOMARUDDIN
GRESIK
2012
 


KATA PENGANTAR 
Segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-NYA, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini penulis beri judul ”Fungsi-fungsi Dasar Manajemen”. Kami menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini, tidak terlepas dari bantuan banyak pihak, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada: 
1. Ibu Umu Aliyah, M. Si. selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Umum.
2. Ibu dan ayah tercinta untuk setiap tetesan keringat dan curahan perhatian dan pengorbanan serta lantunan doa yang teruntai dalam setiap sholat yang telah mengukir cita dan cinta dihatiku.
3. Para sahabatku atas dukungan, bantuan dan kebersamaannya selama ini, sehingga kami dapat merasakan indahnya arti sebuah persahabatan.
4. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami, semoga mendapatkan balasan dari Allah SWT sebagai amalan yang diperhitungkan dan mendapat imbalan yang jauh berharga.
Di dalam penyusunan Makalah ini, penulis menyadari dengan sepenuh hati akan kurang sempurnanya Makalah ini, mengingat tingkat kemampuan serta pengalaman penulis belum luas. Namun demikian, penulis akan berusaha keras untuk menyusun Makalah ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Lamongan, 13 Oktober 2012
Penulis 
DAFTAR ISI

                                   

HALAMAN JUDUL.......................................................................................        i

KATA PENGANTAR......................................................................................       ii
DAFTAR ISI....................................................................................................      iii
BAB  I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang....................................................................................      1
B.    Rumusan Masalah...............................................................................      1
BAB  II PEMBAHASAN
      A. Fungsi-fungsi Dasar Manajemen.........................................................      2
          1. Perencanaan (planning)....................................................................      2
          2. Pengorganisasian (organizing).........................................................      2           
          3. Pengarahan dan Pengimplementasian (directing/leading)..............      3
          4. Pengawasan dan Pengendalian (controlling)...................................      3
      B. Fungsi Operasional dalam Manajemen...............................................      5
          1. Manajemen Sumber Daya Manusia.................................................      5
          2. Manajemen Pemasaran.....................................................................      6
          3. Manajemen Operasi/Produksi...........................................................      6
          4. Manajemen Keuangan.......................................................................      6
          5. Manajemen Informasi.........................................................................     6
BAB  III  PENUTUP
A.    Kesimpulan...........................................................................................      7
B.    Saran.....................................................................................................      8
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................      9
 

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Manajemen sering didefinisikan sebagai "pencapaian tujuan melalui orang lain". Kedengarannya memang terlalu sederhana, akan tetapi memberi kita gambaran tentang beberapa hal mendasar. Yang pertama berkaitan dengan "pencapaian tujuan". Manajemen selalu berkaitan dengan sebuah usaha untuk mencapai tujuan tertentu dan bukan semata-mata sebuah posisi atau jabatan di dalam perusahaan. Banyak orang memiliki jabatan "manajer", akan tetapi dalam kenyataannya mereka hanya menjalankan kedudukan dan bukan mengarahkan sesuatu ke arah pencapaian tujuan yang tertentu. Pokok yang kedua adalah berkaitan dengan aspek "melalui orang lain". Sebagai sebuah aktivitas, manajemen selalu menyangkut orang-orang lain, yakni bawahan-bawahan; dan pada usaha untuk mengarahkan atau mengkoordinasi kerja dari orang-orang tersebut. Meskipun setiap manajer memang memiliki tugas-tugas khusus yang hanya bisa dilakukan olehnya, peran seorang manajer lebih didasarkan pada kenyataan bagaimana dia mengkoordinasi dan mengarahkan aktivitas-aktivitas bawahannya. Dalam arti ini, seorang manajer seharusnya lebih mementingkan pencapaian hasil dari para bawahannya daripada prestasinya sendiri. Sebab pencapaian hasil bersama itulah yang menentukan keberhasilan dari organisasi secara keseluruhan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di muka maka dapat dikemukakan dua rumusan masalah penelitian:
1. Apa saja fungsi-fungsi dasar manajemen?
2. Apa saja fungsi-fungsi operasional dalam manajemen?

BAB II
PEMBAHASAN
A. Fungsi-Fungsi Dasar Manajemen 
Secara umum fungsi-fungsi yang dijalankan manajemen adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing dan staffing), pengarahan dan pengimplementasian (directing,/leading) dan pengawasan atau pengendalian (controlling).
1. Perencanaan (planning) 
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan : – Menetapkan tujuan dan target bisnis
– Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
– Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
– Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
2. Pengorganisasian (Organizing)
 Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
– Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
– Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
– Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
 – Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3. Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
– Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
– Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
– Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan 
4. Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian : 
– Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan 
– Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan 
– Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

                        Secara garis besar kegiatan dalam fungsi-fungsi manajemen dapat digambarkan seperti dibawah ini :


 

Sedangkan gambaran sumber daya organisasi, tujuan, dan fungsi-fungsi manajemen seperti dibawah ini:



Para ahli mempunyai perbedaan pandangan tersendiri dalam fungsi-fungsi manajemen :



 
B. Fungsi Operasional dalam Manajemen 
Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. secara operasional, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik/alam, dan sebagainya. Manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan menjadi fungsi-fungsi :
1. Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
2. Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
3. Manajemen Operasi/Produksi Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi
4. Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
5. Manajemen Informasi Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.

BAB III
PENUTUP 
A. Kesimpulan
Manajemen sering didefinisikan sebagai "pencapaian tujuan melalui orang lain". Maksudnya adalah pertama berkaitan dengan "pencapaian tujuan". Manajemen selalu berkaitan dengan sebuah usaha untuk mencapai tujuan tertentu dan bukan semata-mata sebuah posisi atau jabatan di dalam perusahaan. Kedua adalah berkaitan dengan aspek "melalui orang lain". Sebagai sebuah aktivitas, manajemen selalu menyangkut orang-orang lain, yakni bawahan-bawahan; dan pada usaha untuk mengarahkan atau mengkoordinasi kerja dari orang-orang tersebut.
Secara umum fungsi-fungsi yang dijalankan manajemen adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing dan staffing), pengarahan dan pengimplementasian (directing,/leading) dan pengawasan atau pengendalian (controlling).
Pada pelaksanaannya, fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan menurut tahapan tertentu akan sangat berbeda jika didasarkan pada fungsi operasionalnya. secara operasional, fungsi planning untuk sumber daya manusia akan berbeda dengan fungsi planning untuk sumber daya fisik/alam, dan sebagainya. Manajemen organisasi bisnis dapat dibedakan menjadi fungsi-fungsi :
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Pemasaran
3. Manajemen Operasi/Produksi 4. Manajemen Keuangan
5. Manajemen Informasi
B. Saran
Sebagai seorang yang bergerak dibidang manajemen, kita harus memahami betul-betul fungsi dari semua bagian dari sistem manajemen. Agar tidak terjadi kesalah-fahaman antara bagian satu dengan yang lainnya. Karena banyaknya pandangan mengenai fungsi-fungsi dasar manajemen, sebagai seorang manager suatu bisnis sebaiknya hanya mengikuti satu fungsi dasar saja sebagai alur yang akan kita pakai dalam bisnis tersebut agar tidak terjadi kesalah-fahaman antara bagian perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing dan staffing), pengarahan dan pengimplementasian (directing,/leading) dan pengawasan atau pengendalian (controlling).
  
DAFTAR PUSTAKA
Harold Koontz, Cyrll O’Donnell, Heinz Weihrich. 1990, Manajemen Edisi 8 Terjemahan. Jakarta. Penerbit : Erlangga.
Indriyo Gitosudarmo. 1996, Prinsip Dasar Manajemen Edisi 3. Yogyakarta. Penerbit : BPFE UGM.
Suad Husnan. 1996, Manajemen. Yogyakarta.
Sukanto Reksohadiprodjo. 1997, Pengantar Manajemen. Jakarta. Penerbit : Karunika Universitas Terbuka.
T. Hani Handoko. 1998, Manajemen. Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar